Sabtu, 08 Desember 2012

Belajar Keras

Orang Cina mengajarkan kerja keras untuk menaklukkan hidup. Faktanya mereka mampu terus berpacu di tengah-tengah persoalan hidup yang barangkali mengepung tanpa pertimbangan apa pun. Memang sejak dulu Cina bergelut dalam dunia dagang. Hal itu menjadi modal utama mereka untuk mengungkit batu persoalan yang seolah tak mau sirna dari hadapan.
Pelajaran dari mereka ini sungguh seharusnya menempa orang berhati dan bertekad baja. Jadi, di mana pun berada ia akan selalu dapat bertahan. Walaupun demikian, orang Cina bukan hanya sebagai pedagang. Ada juga yang malah jadi tukang bangunan, cuma tetap mereka kerja keras. Dalam setiap perjalanannya, mereka selalu bekerja keras. Intinya ya bekerja keras.
Jika dibandingkan dengan orang-orang Indonesia, maka akan sangat sulit menemui sifat orang seperti mereka sekarang ini. Meskipun orang Indonesia sebenarnya bukan pemalas. Nah, jangan sekali-kali men-cap orang Indonesia sebagai pemalas. Sebetulnya mereka malas karena dimalaskan oleh sistem. Ini yang membuat orang Indonesia seperti ketinggalan. Lalu akhirnya salah paham. Bagaimana tidak, orang bertani dibilang malas karena petani di Indonesia tetap miskin. Bukankah itu sebuah penghinaan bagi petani?
Kedaulatan petani, sebagai pekerja keras sampai saat ini saya kira belum dikembalikan. Ini persoalan pokoknya. Seolah-olah saja orang kita sempurna dan lagi sejahtera. Padahal, sungguh tidak.
Kembali ke bekerja keras, apa yang sudah dipraktikkan Cina itu patut diteladani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar